Wednesday, December 9, 2015

Kemegahan Dubai Mall

Rabu, 9 Desember 2015


Dubai termasuk salah satu kawasan tersibuk dan ter-modern di kawasan Gulf Cooperation Council (GCC) yang memiliki populasi penduduk terbanyak di Uni Emirates Arab (UAE). Dubai tergabung dalam suatu federasi negara bernama Uni Emirates Arab (UAE) bersama Abu Dhabi, Ajman, Sharjah, Umm Al Quwain, Fujairah, dan Ras Al Khimah (RAK). Pada tahun 2012 berdasarkan studi yang dilakukan oleh UBS global study, Dubai berada di urutan ke 22 sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia dan nomor 1 sebagai kota termahal di timur tengah. Selain itu  data yang dihimpun oleh Bloomberg pada tahun 2014, harga hotel yang berada di Dubai memiliki "rate" termahal kedua di dunia setelah Geneva, Swiss. Survei lain juga dilakukan oleh American Global Firm Consulting, Mercer  yang menobatkan kota ini sebagai "The best places to live in Middle East". Tidak heran kota ini merupakan pusat tujuan wisata dan  bisnis dari berbagai dunia. 


Skyline Kota Dubai
Skyline Kota Dubai

Cukup mudah untuk bisa singgah kesini dengan berbagai penerbangan international, salah satunya Emirates Airlines untuk penerbangan langsung. Singapore Airlines, Malaysia Airlines, Srilankan Airlines, Saudi Airlines, Qatar Airways, Mihin Lanka Airlines, dan China Southern Airlines untuk penerbangan dengan sekali transit. Hotel juga tersebar luas dan mudah ditemui dengan harga yang bervariasi, bisa ditelusuri melalui situs pencari tiket dan hotel seperti skyscanner, wego bahkan traveloka sekalipun.
Dubai Mall

Ada yang menarik perhatian selama di Dubai, yaitu Dubai mall. Hampir 50 juta lebih pengunjung tiap tahun dan 750 ribu pengungjung tiap minggunya datang kesini dari seluruh penjuru dunia. Tidak salah mall ini  menjadi pusat perhatian dunia. Dubai mall berlokasi di Syeikh Zayen Road pusat kota Dubai dan dibuka pada tanggal 8 mei 2009. Mall ini diklaim sebagai mall terbesar didunia dengan luas area 12 jt ft square,termasuk terdapat 10-12 mall-mall kecil, dan sekitar 1200 outlet didalamnya. Kita bisa menemukan berbagai macam merk terkenal dunia dengan harga yang bervariasi dengan kualitas produk nomor “wahid”. Selain pusat berbelanja juga dijumpai berbagai arena rekreasi dan berwisata seperti ice skiting, menara Burj Khalifa, foutain lake dancing, hingga akuarium raksasa.


Dubai Mall


Dubai Mall
  1. Burj Khalifa merupakan gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian 828 M, awalnya gedung ini bernama Burj Dubai. Singkatnya, berganti nama karena bentuk penghormatan terhadap Sheikh Khalifa bin Zayed bin Sultan Al Nahyan yang telah menyelamatkan Dubai dari  krisis global. Wisatawan dapat  berfoto-foto dan menyaksikan kota Dubai dengan dari puncak menara pada top level 124 ataupun level 124+145. Harga tiket masuk yang ditawarkan bervariasi dari 95 AED hingga 500 AED, untuk lebih jelasnya silahkan disini. Disarankan untuk memilih waktu sore hari menjelang malam, waktu yang indah untuk melihat pemandangan kota sekitar Dubai dari top level Burj Khalifa.
    Design Burj Khalifa
    Gate Menuju Elevator
    Burj Khalifa Ticket
    At Top level 124
    At top level 124

  2. Dubai Fountain. Merupakan pertunjukan air mancur tertinggi didunia yang berlokasi di waterfront promenade mall  lower ground, Dubai Mall. Air mancur ini memiliki ketinggian hingga 140m yang dihasilkan  dari 5 circle dan 2 arc yang berasal dari dalam air dengan menghabiskan sekitar 2200 gallons air dalam satu kali pertunjukkannya serta bisa disaksikan hingga 20 miles dari kejauhan. Pertunjukan ini diselenggarakan setiap hari pada siang hari selain jumat adalah pukul 1:00pm & 1.30pm, hari jumat siang pukul 1.30pm & 2:00pm. Pada malam  hari setiap 30 menit dari pukul 6.00pm hingga 11.00pm. 
    Fountain Dancing Show

    Fountain Dancing Show

    Fountain Dancing Show

  3. Dubai Aquarium. Akuarium besar berukuran 51m x 20m x 11m yang berisikan 33.000 jenis hewan dari 85 spesies termasuk juga lebih dari 400 jenis ikan hiu didalamnya. Akuarium ini diklaim sebagai "the world's largest viewing panel" dengan lebar dinding 32.8m dan tinggi 8.3m. Uniknya wisatawan bisa menikmati pemandangan akuarium ini dari dalam mall. Tidak hanya akuarium, juga tersedia wahana lainnya seperti underwater zoocage snorklingdiveshark walker, hingga shark dive. Harga tiket masuk untuk berpetualang kedalam akuarium ini bisa dicek disini.

    Aquarium

  4. Dubai Ice Rink. Wisatawan bisa menikmati wahana bermain ice skiting disini atau bermain hoki. Harga tiket masuk bisa dilihat disini. Selain itu masih banyak arena rekreasi keluarga lainnya sepert kidZania, Dubai Dino, Sega Republic, maupun simulasi pesawat terbang dengan emirates AIR BUS A380. 
    Dubai Ice Rink Arena

Selain sensasi berbelanja dan berwisata, mall ini menyajikan berbagai kuliner  international dari 4 belahan dunia baik itu kuliner lokal, asia, kontinental hingga mediterania. Dubai mall juga memiliki lebih 150 outlet foodcourt dan restaurant. Para wisatawan juga dimanjakan dengan keunikan penyajian dan lokasi pemandangan yang berhadapan langsung dengan Burj Khalifa. Luar biasa.
Promenade Mall

Salah satu Restaurant di Promenade Mall

Untuk bisa menuju mall ini ada beberapa cara  diantaranya :

  1. Bus. Jam beroperasi setiap 15 menit. Wisatawan akan berhenti tepat pada pintu masuk grand drive, lower grand floor Dubai Mall. Silahkan klik link ini untuk mempermudah rencana perjalanan menggunakan Dubai bus. 
  2. Mobil. Silahkan gunakan aplikasi google map dengan koordinat 25°11.922, 55°16.805 atau scan QR code dibawah ini. 
  3. Metro. Merupakan akses termudah menuju Dubai mall menggunakan Dubai metro. Stasiun terdekat adalah stasiun Burj Khalifa, wisatawan  dapat berjalan kaki menggunakan Metro Link Bridge menuju mall. Harga sekali jalan cukup murah sekitar 5 AED dengan jarak tempuh sekitar 10 menit. Didalam metro sendiri  sangat nyaman dan aman, juga tersedia tempat khusus bagi wanita, lansia, dan penyandang disabilitas. 
    Stasiun Metro
    Metro
    Halte Dubai Mall

Metro Link Bridge
Menuju Dubai Mall


Bagi pengguna transportasi publikdisarankan untuk menggunakan "nol card", kartu pembayaran transportasi di selama Dubai. Kartu ini sangat ekektif dan efisien karena memberikan kemudahan dalam bertransaksi.  Untuk harga dan jenis kartu bisa dilihat disini

Nol Card

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat. Salam !!!!




     

2 comments:

  1. informasi nya lengkap banget bg. langsung dengan data dan sumber jelas lg bg. smangat menulis abg

    ReplyDelete